Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Badung

Proklamasi
Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, di lapangan Puspem Badung, Rabu (17/8). (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Kabupaten Badung, berlangsung khidmat di Lapangan Puspem Badung, Rabu (17/8). Selaku inspektur upacara adalah Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dan Komandan Upacara yakni Kapten Artileri Medan (Armed) I Nyoman Sarjana dari Kodim 1611/Badung. 

Upacara diikuti Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata, para wakil ketua dan anggota DPRD Badung, Forkopimda, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, pimpinan perangkat daerah, Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta beserta pimpinan organisasi wanita di Badung, pegawai Pemkab Badung, TNI/Polri, organisasi masyarakat dan para pelajar. 

HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dengan harapan agar Indonesia dapat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi bagi masyarakat Indonesia. Di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan harapan baru.

Baca Juga:   Penerbangan Internasional Sempat Tutup, Pergerakan Penumpang Turun 39 Persen

Upacara diawali dengan peringatan detik-detik proklamasi diiringi suara sirine selama 1 menit dan dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Badung Putu Parwata serta mengheningkan cipta yang dipimpin inspektur upacara. Pengibaran bendera merah putih dilakukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Badung yang berjumlah 70 orang.

Ditemui selepas upacara, Bupati Nyoman Giri Prasta menyampaikan harapannya pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menanamkan rasa patriotisme, nasionalisme dan 4 pilar kebangsaan. 

Baca Juga:   Program Sebulan Tak Melaut Harus Dikaji Matang

“Kami atas nama masyarakat sekaligus kader-kader bangsa tentu menyampaikan terima kasih terkhusus lagi kepada pahlawan pejuang kemerdekaan serta Bapak Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno dan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia karena telah mewariskan kepada kita sekalian untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu menanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme untuk bagaimana kita menjaga 4 pilar kebangsaan. Harapan kami kedepannya kita akan menjadi lebih baik dan kita sebagai kader bangsa sudah tentu harus mampu menjadikan Indonesia ini sejati-jatinya Indonesia Raya. Saya kira berbicara masalah kedepan ini, kita harus melakukan setiap hari dan setiap saat untuk berbenah, bagaimana kita memperkuat kembali dan mengingatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme kepada anak bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga:   TPA Suwung Tutup Jika Tiga TPST Kota Denpasar Rampung

Selain itu, Bupati Badung turut menyampaikan apresiasinya terhadap veteran. Menurutnya para veteran telah ikut terlibat langsung dalam pelaku sejarah berkenaan dengan proses perjuangan dari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. 

“Kami sebagai generasi berikutnya harus menanamkan rasa nasionalisme begitu juga para veteran dan para pahlawan merupakan panutan-panutan bersama. Tanpa ada mereka semua, kita ini apalagi saya Giri Prasta, tidak akan bisa menikmati hidup dalam kehidupan sebuah kemerdekaan,” sambungnya.

Setelah peringatan detik-detik proklamasi, sorenya dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih dengan inspektur upacara, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini