Pemkab Badung Mulai Terapkan Aplikasi Kearsipan 

Arsip
Suasana launching aplikasi Srikandi, di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (18/10). (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Launching penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Kabupaten Badung digelar di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (18/10). Launching dilaksanakan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI Desi Pratiwi, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa dan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badung yang ditandai dengan memanah ke arah layar.

Sekda Adi Arnawa mengapresiasi launching penerapan Srikandi untuk segera diberlakukan di seluruh Pemkab Badung, karena aplikasi ini merupakan wujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi sehingga pengelolaan arsip lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan.

Baca Juga:   Dimusnahkan, Ribuan Barang Impor Ilegal Bernilai Ratusan Juta 

Lebih lanjut Adi Arnawa mengatakan, di era globalisasi, peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat strategis karena menghadirkan suatu dunia tanpa batas serta dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi global. Maka dari itu, sangatlah tepat kalau pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan zaman. 

Arsip memegang peranan yang penting dalam suatu organisasi pemerintahan. Oleh karena itu, semua perangkat daerah sebagai pencipta arsip harus memahami tata kelola yang baik dan inovatif dalam pengelolaan kearsipan sehingga pelayanan publik di era perkembangan teknologi ini dapat dilayani dengan cepat dan tepat. 

Baca Juga:   Palsukan Data Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan, Pasutri Rusia Dideportasi

“Melalui penerapan aplikasi Srikandi, proses administrasi tidak terbatas jarak dan waktu artinya di manapun dan kapanpun proses administrasi dapat dilakukan,” ujarnya.

Sementara, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani melaporkan, tujuan dari launching penerapan Srikandi adalah menyelaraskan dan menyatukan persepsi serta memperluas pengetahuan atas aplikasi Srikandi yang nantinya akan diterapkan di lingkungan Pemkab Badung.  

Baca Juga:   Deklarasi Pilkel Serentak, Ini Pesan Bupati Giri Prasta

“Dalam aplikasi Srikandi setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa serta keberadaan Srikandi adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya,” ungkapnya. (BC13) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini