Teh Berbahan Sayuran di Desa Bongan Bikin Bupati Tabanan Kesemsem

0
26
Teh
Bupati Sanjaya saat program Bungan Desa di Desa Bongan, tertarik dengan pengembangan produk Teh Gobo. (ist)

Tabanan, balibercerita.com –

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya berharap besar pada pengembangan ekonomi kerakyatan di Desa Bongan, Kecamatan Tabanan. Hal ini mengingat ada sejumlah ada sejumlah potensi lokal yang jika digarap maksimal akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Harapan itu disampaikan Bupati Sanjaya saat program Bupati Ngantor di Desa (Bungan Desa) di Desa Bongan, Jumat (14/6). Ini adalah program Bungan Desa ke-50 yang dijalankannya. 

Menurut Sanjaya, potensi unggulan desa ini yakni Teh Gobo yang berupa teh berbahan dasar tanaman sayur gonda, ciri khas desa setempat. Inisiatif pengembangan Teh Gobo (Gondo Bongan) oleh UKM Desa Bongan menjadi salah satu contoh nyata potensi lokal dapat dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai tambah tinggi. 

Baca Juga:   Tingkatkan Penggunaan Produk Lokal, Badung Gelar Promo Tani

Bupati Sanjaya percaya, dengan memanfaatkan potensi lokal secara optimal, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan dalam membangun desa masing-masing. 

Teh Gobo diproduksi di Bongan Jawa Kangin dan sudah dimulai sejak tahun 2019 hingga sekarang. Pemasarannya dilakukan secara online dan melalui ragam pameran. Apresiasi pun diberikan Bupati Sanjaya kepada seluruh masyarakat Desa Bongan atas semangat dan kerja keras dalam membangun dan mengembangkan potensi desa. 

Baca Juga:   Eva Air Kembali Terkoneksi dengan Bandara Ngurah Rai

Desa Bongan juga tersohor dengan kualitas pertaniannya yang beragam, juga situs desa wisata populer seperti Air Terjun Gerembengan di Banjar Bongan Jawa Kangin, penangkaran jalak Bali di Bongan Kauh, serta situs Pura Puseh Luhur Bedha sebagai sejarah Ki Bagus Kebo Iwa. 

Bupati Sanjaya memulai kunjungannya ke KWT Dukuh Mesari untuk meninjau lahan pertanian, dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai, terong, dan tomat. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pengukuran tinggi badan balita dan intervensi serentak pencegahan stunting, di Posyandu Alamanda dan Kamboja Desa Bongan. 

Baca Juga:   Garuda Indonesia Awali Penerbangan Internasional Reguler Menuju Bali Tahun 2022

Pada kesempatan tersebut, Sanjaya juga menyerahkan bantuan paket kepada keluarga stunting di Desa Bongan yang berjumlah 13 orang. Kemudian, penanaman pohon tabebuya, penyerahan buku di perpustakaan keliling, penebaran bibit ikan nila, bertatap muka dengan tokoh dan masyarakat Desa Bongan, meninjau fasilitas pelayanan kesehatan, sekaligus konseling program Semara Ratih. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini