Rangkaian Karya di Pura Besakih, Melasti Digelar di Tegal Suci

0
34
Pura Besakih
Prosesi melasti serangkaian karya di Pura Agung Besakih. (ist)

Amlapura, balibercerita.com – 

Upacara melasti pralingga Ida Bhatara Pura Agung Besakih digelar, Selasa (15/3), di Tegal Suci, Tegenan, Menanga. Ritual serangkaian Karya Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Batara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih ini diikuti ribuan umat. 

Bendesa Adat Besakih yang juga ketua panitia karya, Jro Mangku Widiartha mengungkapkan, terdapat 23 pralingga Ida Batara yang melasti ke Tegal Suci. Iring-iringan diawali dengan pralingga Ida Batara Lingsir, Ida Batara Kiduling Kreteg dan disusul pralingga Ida Batara lainnya. 

Baca Juga:   Persiapkan Kompetensi di Era Digital, Pemkot Denpasar Gandeng Dua Start Up

Proses pamelastian kali ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Agar melasti berjalan lancar, pihaknya telah meminta rekanan penggarap proyek penataan kawasan suci Pura Besakih melakukan pembersihan material sisa proyek di sepanjang margi agung yang dilintasi pralingga Ida Batara. 

Baca Juga:   Karya Ngenteg Linggih Wraspati Kalpa di Banjar Adat Padang Bali

Lebih lanjut disampaikannya, guna mengantisipasi Covid-19, dalam pamelastian juga diterapkan sejumlah pembatasan. Hal paling utama menyangkut antisipasi membeludaknya umat yang ikut ngiring. Dalam hal ini pihaknya telah mengimbau setiap kepala keluarga hanya mengikutsertakan satu orang dalam prosesi terutama saat mundut pralingga Ida Batara. (BC13)

Baca Juga:   Sesatkah Memuja Leluhur?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini