Festival Nusantara 2022 Tampilkan Lomba Baleganjur se-Bali

Festival Nusantara
Parade tarian pembuka Festival Nusantara di GWK. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Festival Nusantara 2022 telah resmi dibuka pada tanggal 14 Agustus 2022, oleh Ny. Putri Suastini Koster selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali. Selama 5 hari pelaksanaan yaitu 14 hingga 21 Agustus 2022, event yang dilaksanakan di kawasan Lotus Pond GWK ini menghadirkan hampir 100 UMKM dari seluruh nusantara. Mereka berasal dari Yayasan Eling yang menaungi etnis nusantara dan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Provinsi Bali. 

Di event ini terdapat stand kuliner dan pagelaran ethnic art ratusan seniman daerah yang mewakili 20 suku dan etnis nusantara. Menariknya, event tersebut juga menyelenggarakan lomba baleganjur se-Bali, yang diikuti oleh 13 sekaa baleganjur. 

Baca Juga:   Karya Atma Wedana di Puri Agung Pemecutan, Arus Lalu Lintas Akan Buka-Tutup

Lomba tersebut dilaksanakan pada spot yang tergolong unik, yaitu pada area tangga depan kawasan depan patung raksasa kepala burung Garuda atau dikenal dengan Plaza Garuda. Lomba tersebut menjadi obat kerinduan bagi para seniman karawitan Bali yang 2 tahun lebih tidak tampil di panggung. Lomba itu menjadi yang pertama kali dilaksanakan di GWK sebagai komitmen dalam pelestarian adat dan budaya Bali.

Ada 3 juri yang dihadirkan untuk menjadi penilai lomba. Mereka merupakan seniman terkenal di Bali yakni seniman karawitan asal Banjar Guming, Desa Penarungan, I Wayan Widya, kemudian seniman karawitan asal Banjar Pagan Kelod, Desa Penatih, Kota Denpasar yaitu Wayan Gede Arsana, serta pencipta tari maskot SMK 3 Sukawati, I Made Subandi yang berasal dari Buda Ireng, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. 

Baca Juga:   Ngangget Don Bingin di Pura Dalem Tambang Badung

Marcom & Event Division Head GWK Andre Prawiradisastra menerangkan, Festival Nusantara 2022 dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI. Pembukaan event dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke-64 Pemprov Bali yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2022. Puncak acara akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus. Nantinya akan ada konser band Yovie and Nuno, DJ Siva melalui music firework, dan Colorful Fun Walk. 

Baca Juga:   ITDC Tawarkan Paket Nonton MotoGP di Mandalika

Sementara, sebelum dilaksanakan lomba baleganjur, para peserta telah melalui seleksi. Pendaftaran peserta dibuka sejak sebulan lalu untuk umum, secara gratis. Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah total senilai Rp50 juta. “Yang unik, lomba baleganjur ini kita tampilkan berbeda seperti panggung pada umumnya. Kita siapkan area tangga depan Plaza Garuda lengkap dengan karpet merah. Jadi mereka nanti akan berkreasi di tangga dan terlihat oleh semua penonton,” pungkasnya. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini