Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Kahyangan Nyelati

Ngenteg Linggih
Bupati Giri Prasta menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, di Pura Dalem Kahyangan, Banjar Adat Nyelati, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Kamis (18/8). (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta hadir nyaksiang Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Menawa Ratna, Mapeselang, Ngusaba Dalem, Medasar Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Dalem Kahyangan, Banjar Adat Nyelati, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Kamis (18/8) malam.

Bupati sangat mengapresiasi semangat krama Banjar Nyelati dalam melaksanakan karya dengan tingkatan utama ini. Sebagai wujud bhakti dan dukungan terhadap pelaksanaan pujawali, Giri Prasta menyerahkan secara simbolis Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp1 miliar dan secara pribadi ia juga mapunia kepada sekaa gong wanita sebesar Rp10 juta.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, anggota DPRD Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung, I Wayan Regep, Putu Alit Yandinata, Wayan Edi Sanjaya, Made Suwardana, Ni Komang Triani dan Made Yudana, Kadis Kebudayaan Badung Gede Eka Sudarwitha serta Camat Mengwi Nyoman Suhartana.

Baca Juga:   Ayo Menulis Esai Demi Menjaga Warisan Peradaban Hindu Nusantara 

Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta mengajak krama untuk bersama-sama ngrastiti ring Ida Baatara, agar diberikan tuntunan sehingga pujawali berjalan lancar. Bupati juga berterima kasih atas semangat krama Banjar Nyelati yang sudah bersatu untuk menggelar sebuah yadnya. “Kami harapkan krama Banjar Nyelati tetap bersatu. Dengan bersatu, setengah perjuangan sudah berhasil,” terangnya seraya menambahkan, pihaknya akan berkomitmen untuk menuntaskan segala pembangunan yang direncanakan di Banjar Nyelati. 

Baca Juga:   Kadispar Badung Cek Permohonan Pantai Samigita Menjadi DTW Baru

Sementara, Manggala Karya, I Gusti Bagus Kesuma Jaya atas nama krama Banjar Nyelati sebagai Pangempon Pura Dalem Kahyangan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Bupati Badung sehingga pembangunan maupun karya di Pura Dalem Kahyangan Nyelati dapat berjalan dengan baik. Dijelaskan, pembangunan Pura Dalem Kahyangan ini mendapat bantuan Pemkab Badung tahun 2017 sebesar Rp2 miliar, ditambah Rp500 juta untuk melanjutkan penataan areal pura. 

Selain itu di tahun 2018 juga mendapat bantuan yang bersumber dari APBDes sebesar Rp2,8 miliar untuk pembangunan di Pura Parhyangan serta di tahun 2020 melalui dana APBDes dibantu Rp446 juta untuk penataan kolam di sebelah Pura Dalem Kahyangan dan pagar besi. Total dana yang telah diterima krama Nyelati mencapai Rp5,6 miliar lebih.

Baca Juga:   Penting, Keberadaan Purana di Suatu Pura 

Ditambahkan, semangat krama Banjar Nyelati untuk ngayah dalam karya ini sangatlah tinggi, meskipun dilaksanakan oleh satu banjar dengan 82 krama pengarep. Kesuksesan karya juga tidak terlepas dari dukungan Bupati Badung yang memberi bantuan BKK sebesar Rp1 miliar serta pemerintah desa Rp150 juta. 

Mengenai dudonan karya, puncak karya telah terlaksana pada 17 Agustus 2022. Dilanjutkan pada 20 Agustus berupa ngeremek ring segara, penyenukan lan mekebat daun. Pada 25 Agustus dilaksanakan nyegara gunung dan 26 Agustus yakni nyineb lan nuwek bagia. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini