Semarak Pandawa Diharapkan Jadi Kalender Event Pariwisata Bali

0
15
Pandawa
Kadispar Bali Tjokorda Bagus Pemayun membuka acara Semarak Pandawa. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Festival pertengahan tahun, Semarak Pandawa kembali digelar untuk kali kedua. Berlangsung selama 3 hari (5-7 Juli 2024), festival ini digelar untuk menyambut musim liburan sekolah yang menjadi salah satu pangsa pasar domestik kunjungan ke Pantai Pandawa, Desa Kutuh. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali, Tjokorda Bagus Pemayun pada Jumat (5/7), dengan seremonial pemukulan gong. Tjokorda Bagus Pemayun menerangkan, Semarak Pandawa menjadi event yang sangat penting dalam menggairahkan pariwisata dan membangkitkan ekonomi Bali. Event ini memiliki dampak multiplier effect, baik terhadap kunjungan wisatawan, pelestarian seni dan budaya, serta pemberdayaan masyarakat melalui UMKM lokal. 

Baca Juga:   Ini Dia Objek Wisata di Nusa Penida yang Jadi Primadona

Dalam event ini, terdapat side event cultural run. Hal ini tentu menjadi daya tarik dan membuat semakin banyak event dan hiburan yang dilaksanakan di Bali. Sehingga Bali akan semakin menarik bagi wisatawan, baik untuk menghabiskan waktu berlibur (length of stay) maupun untuk berbelanja (spend money). 

Baca Juga:   Festival Nusantara 2022 Tampilkan Lomba Baleganjur se-Bali

“Event ini luar biasa dan penting sekali. Saya kira ini memiliki daya tarik 20-40 persen peningkatan kunjungan wisata. Kami mengapresiasi pelaksanaan event ini dalam upaya mendatangkan wisatawan, bukan hanya domestik tapi juga mancanegara,” ungkapnya.

Baca Juga:   Tana Mori Jadi Destinasi Baru yang Dikembangkan ITDC

Tahun ini, Semarak Pandawa mendapatkan dukungan anggaran dari Pemprov Bali. Hal itu didasari atas hasil kurasi dan verifikasi yang menunjukan event itu dinilai luar biasa dampaknya.  

Ke depan, ia berharap semakin banyak yang bisa ditambahkan dan ditingkatkan lagi untuk membuat event tersebut bisa berkesinambungan, lebih besar dan mandiri. “Ini menjadi kalender event kita yang akan kita ekspose dan promosikan,” imbuhnya. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini