Semarak Pandawa, Ajang Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal Kutuh

0
13
Kutuh
Pembukaan Semarak Pandawa di Pantai Pandawa. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Semarak Pandawa merupakan festival pertengahan tahun yang digelar sebagai upaya mendukung pariwisata Bali. Event ini menjadi ajang promosi dan pemberdayaan masyarakat lokal Desa Adat Kutuh, baik di bidang seni-budaya dan UMKM. 

“Festival ini kita gelar setiap pertengahan tahun dalam menyambut masa liburan anak sekolah. Ini sekaligus sebagai media promosi bahwa Pandawa selalu menggeliat dan berbenah dalam menyambut kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara,” ucap Ketua Panitia Semarak Pandawa, Ni Luh Hepi Wiradani.

Selain pertunjukan seni dan budaya, Semarak Pandawa juga diisi dengan program bersih pantai, workshop tentang pengelolaan sampah, aksi coral planting untuk menjaga ekosistem biota laut pada 7 Juli 2024, serta culture run pada tanggal 7 Juli dalam rangka memperingati HUT ke-57 BPD Bali. Semarak Pandawa dimulai dari pukul 10.00 Wita sampai 19.00 Wita.

Baca Juga:   Pantai Kuta Dipasangi Free Wifi Bantuan CSR

Tahun ini, Semarak Pandawa terselenggara atas atensi Dispar Pemprov Bali dan Dispar Badung melalui dana pembantuan event. Tidak ada kenaikan harga tiket selama event dilaksanakan. Melalui event tersebut, jumlah kunjungan wisatawan dapat mencapai 7 ribu sampai 10 ribu per hari, dari sebelumnya 6 ribu hingga 7 ribu kunjungan per hari pada hari biasa. “Selama event ini dilaksanakan, kunjungan cenderung naik sekitar 85 persen dibandingkan hari biasanya,” imbuhnya.

Dengan adanya event semacam itu, kunjungan di Pantai Pandawa secara kecenderungan naik sekitar 50 persen dibandingkan hari biasanya. Bahkan, terkadang mencapai 90 persen. Setiap event yang dilaksanakan selalu melibatkan UMKM lokal. Tahun ini, pihaknya melibatkan 20 UMKM yang ikut serta dalam kegiatan, termasuk keterlibatan Paiketan Krama Istri, perhimpunan petani rumput laut yang membuat makanan-makanan olahan dari rumput laut.

Baca Juga:   Libur Idul Fitri, Bandara Ngurah Rai Terima 216 Permohonan Extra Flight

Sementara, Bendesa Adat Kutuh, I Nyoman Mesir menerangkan, Semarak Pandawa bertujuan untuk memberikan suguhan atau hiburan tambahan kepada wisatawan saat momen liburan sekolah pada bulan Juli ini. Dengan demikian, wisatawan yang datang tidak hanya melihat pemandangan alam yang indah, namun juga hiburan berupa pertunjukan seni dan budaya. 

“Jadi, ini merupakan variasi dan inovasi yang disuguhkan bagi para wisatawan. Event ini selalu membawa dampak peningkatan kunjungan, sekaligus daya tarik bagi Pandawa di tengah banyaknya destinasi yang berkembang saat ini,” ucapnya.

Baca Juga:   Duduki Peringkat Ketiga WNA Terbanyak ke Bali, India Tambah Konektivitas Melalui Indigo Airlines 

Ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Semarak Pandawa II, serta atas dukungan semua pihak. Khususnya kepada Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Dinas Pariwisata Kabupaten Badung yang mensupport anggaran dalam pelaksanaan event. Diharapkan dukungan tersebut akan tetap mengalir dan penyelenggaraan event Semarak Pandawa dapat lebih baik kedepannya. Terlebih, Semarak Pandawa sangat linier dengan program provinsi dan kabupaten dalam menggairahkan sektor pariwisata. 

Ia berharap, Pemprov Bali maupun Pemkab Badung tidak henti-hentinya memberikan dukungan bagi Pantai Pandawa, baik itu berupa workshop, promosi, penataan infrastruktur dan sebagainya demi menata dan mempercantik Pantai Pandawa yang merupakan salah satu ikon pariwisata Bali. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini