Seiring Relaksasi Kebijakan Penerbangan, Kunjungan Wisatawan ke GWK Naik Drastis

GWK
Sejumlah pengunjung saat berwisata ke GWK. (BC5)

Mangupura, balibercerita.com – 

Angka kunjungan wisatawan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK Cultural Park) terus mengalami peningkatan seiring relaksasi aturan pelaku perjalanan angkutan udara yang diberlakukan pemerintah di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Saat ini, jumlah angka kunjungan maksimal per hari telah tembus sekitar 2 ribuan orang lebih. Bahkan sejumlah wisatawan asing juga sudah mulai berdatangan berkunjung, walaupun jumlahnya belum signifikan. 

Marketing Communication and Event Division Head GWK Cultural Park, Andre R Prawiradisastra mengaku cukup berbahagia dengan kondisi tersebut. Bahkan, jumlah kunjungan saat ini sudah melampaui target yang ditetapkan pihaknya. Peningkatan kunjungan itu mencapai 2 kali lipat dibandingkan sebelumnya, dengan angka kunjungan tertinggi terjadi pada saat akhir pekan (week end). 

Baca Juga:   Tujuh Sport Tourism Pemacu Adrenalin di Bali

“Setelah ada kelonggaran kebijakan penerbangan ke Bali, memang trafik wisatawan ke GWK mulai naik perlahan. Itu naik 2 kali lipat dari target yang ditetapkan. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi kami, dan semoga ini terus menunjukkan angka perkembangan yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Dipaparkannya, sebelum pandemi melanda, angka kunjungan wisatawan ke GWK hanya berjumlah 2.000-3.000 orang saat week days. Kondisi itu naik menjadi 5 ribu orang pada saat akhir pekan (week end). Sayangnya, kondisi itu drop saat pandemi terjadi, hingga akhirnya pariwisata Bali ditutup dan operasional GWK ditutup sementara. Saat masa awal pemulihan, GWK kemudian beroperasi pada hari tertentu dengan menerapkan kebijakan diskon tiket. Namun angka kunjungan terbaik saat itu hanya mencapai seribuan orang. Saat itu kunjungan lebih didominasi oleh wisatawan domestik, yaitu 80 persen berbanding 20 persen untuk wisatawan lokal.

Baca Juga:   Nikmati Ikan Bakar Kedonganan Dengan Harga Lebih Terjangkau

Ia meyakini, kondisi peningkatan kunjungan itu akan terus bertumbuh ke depannya. Sebab, rute penerbangan internasional terus bertambah di Bandara Ngurah Rai. Sebagai pengelola, pihaknya tentu senantiasa menerapkan prokes yang ketat di GWK. Seperti penerapan aplikasi peduli lindungi, pengaturan jarak, pemakaian masker, pengecekan suhu tubuh, dan penempelan stiker kepada pengunjung yang masuk kawasan terus dijaga. 

Baca Juga:   Suara Emasnya Viral, Tibor Tetap Setia Jadi Tukang Parkir

Pihaknya juga sudah mengantongi sertifikat CHSE seperti yang diterapkan untuk daya tarik wisata (DTW). “Kami cukup berbangga, karena GWK menjadi lokasi no 1 di Bali yang selalu menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Itu merupakan hasil survei yang dilakukan PeduliLindungi di seluruh Bali,” bebernya. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini