Pelestarian Seni Diharapkan Berpedoman Pada Pakem

0
12
Seni
Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara periode 2023-2028. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung, Sekda Wayan Adi Arnawa meminta agar Listibiya Kecamatan Kuta Utara bergerak aktif dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya di tengah-tengah masyarakat. 

“Listibiya harus bisa memetakan, menginventarisasi, dan mengevaluasi keberadaan dan aktivitas seni agar selalu memegang teguh pakem yang ada, karena kita sebagai daerah pariwisata rentan dengan akulturasi budaya. Kita harus bisa memberikan ruang kepada sanggar/seniman untuk tampil, agar seniman memiliki semangat berkarya sekaligus meningkatkan pendapatannya,” kata Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara periode 2023-2028, yang dirangkaikan dengan penyerahan hadiah Lomba Tari Condong, Baris Tunggal, dan Kendang Tunggal, Rabu (27/9), di wantilan Pura Dalem Desa Dalung.

Baca Juga:   Netralisir Kawasan Temuan Mayat Membusuk, Desa Pecatu Gelar Pecaruan Alit

Setelah Listibiya memiliki data valid terkait keberadaan sanggar seni di masing-masing wilayah, Sekda Adi Arnawa menyebut, Pemkab Badung akan segera memberikan bantuan dana sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, pelestarian seni, adat, agama, dan budaya masuk dalam RPJMD lima bidang prioritas Kabupaten Badung. 

Baca Juga:   Mengenal Upacara Munggah Deha Teruna, Tradisi Unik Puri Satria Dalem Kaleran Kuta 

“Maka ini ada celah untuk kita bisa menganggarkan dana pada Listibiya. Silakan nanti Listibiya kecamatan berkoordinasi dengan Listibiya Kabupaten Badung lakukan inovasi seperti menggelar kegiatan seni monumental sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Saya mengucapkan selamat kepada pengurus baru Listibiya Kuta Utara, semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan terima kasih atas pengabdian pengurus yang lama. Mari kita lakukan pelestarian dan pengembangan seni secara berkesinambungan,” pungkasnya.

Baca Juga:   Tawur Agung Kesanga Kabupaten Badung Dipusatkan di Catus Pata Desa Adat Carangsari

Turut hadir di acara tersebut, Camat Kuta Utara Putu Eka Parmana, perwakilan Dinas Kebudayaan, pengurus Listibya Kabupaten Badung, pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara, serta perbekel/lurah dan bendesa se-Kuta Utara. Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam men-support pelestarian seni dan budaya, pada kesempatan itu Sekda Wayan Adi Arnawa menyerahkan dana motivasi Pemkab sebesar Rp20 juta. (BC13) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini