Pujawali Pengratep Karya Digelar di Pura Dhang Kahyangan Petitenget

Petitenget
Drs. A.A. Ngurah Rai Yuda Darma, MAP. (BC5)

Mangupura, balibercerita.com – 

Rangkaian Pujawali Pengratep Karya dengan tingkatan upakara Mapadudusan Agung mulai digelar di Pura Dhang Kahyangan Petitenget. Pengratep Karya ini merupakan lanjutan dari Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, Tawur Balik Sumpah lan Segara Kertih yang dilaksanakan pada 3 September 2019.

Pemucuk Parajuru Pura Dang Kahyangan Petitenget lan Pura Masceti Ulun Tanjung, Drs. A.A. Ngurah Rai Yuda Darma, MAP., menerangkan, semula Pengratep Karya urung dilaksanakan karena mempertimbangkan pembatasan kegiatan masyarakat terkait situasi masa pandemi Covid-19. Seiring dengan kelonggaran sejumlah aturan yang diberlakukan pemerintah, ditambah krama pangempon pura dan penyanggra yadnya sudah 90 persen melaksanakan vaksin booster, maka di tahun 2022 ini digelar Pujawali Pengratep Karya. 

Upacara yang digelar di pura terbesar di Desa Adat Kerobokan itu telah diawali dengan matur piuning Pujawali Pengratep Karya pada 13 Juli. Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan-tahapan yadnya, seperti nyukat genah yadnya, nanceb, negtegan, ngingsah, ngias Ida Batara, melasti dan puncak Pujawali Pengeratep Karya pada Rabu Wage Merakih atau 27 Juli 2022.

Baca Juga:   Peringati Detik-detik Waisak 2566, Umat Buddha Lakukan Meditasi 

Untuk mengantisipasi antusiasme penangkilan umat se-dharma ke Pura Dhang Kahyangan Petitenget, Ida Batara Luhuring Dhang Kahyangan Petitenget akan nyejer selama 7 hari yaitu dari hari Kamis Kliwon Merakih tanggal Masehi 28 Juli 2022 sampai dengan Rabu Umanis Tambir atau 3 Agustus 2022. Berkaitan dengan pangubakti umat se-dharma yang akan ayat tangkil ke Pura Dhang Kahyangan Petitenget pada saat pujawali tahun ini, diimbau supaya tangkil ngaturang pangubakti pada saat Ida Batara Nyejer. Mengingat pada saat puncak Pujawali Pengratep Karya, prosesi upakara lan upacara sangat padat. “Bila berkenan juga bisa mendahului, karena Ida Batara Luhuring Dhang Kahyangan Petitenget pada hari Senin Paing Merakih 25 Juli 2022 sudah melinggih di pepelik,” imbaunya 

Baca Juga:   Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, Ini Permohonan Bupati Buleleng

Untuk penyanggra pujawali dari persiapan sampai dengan berakhirnya pujawali, akan dilaksanakan oleh Banjar Pegilir yakni Banjar Anyar Kaja, Krama Pengerob, Permas, Pemaksan Pura Dang Kahyangan Petitenget serta Parajuru Pura Dang Kahyangan Petitenget lan Pura Maseti Ulun Tanjung. Adapun dudonan Pujawali Pengratep Karya Pura Dang Kahyangan Petitenget sebagai berikut. 

Pada Rabu Kliwon Pahang atau 13 Juli 2022 dilaksanakan matur piuning Pujawali Pengratep Karya. Kamis Umanis Pahang atau 14 Juli 2022, dilaksanakan prosesi nyukat genah yadnya, Minggu Wage Dukut atau 17 Juli 2022 dilaksanakan nanceb. Pada Rabu Paing Krulut atau 20 Juli 2022 dilaksanakan negtegan beras dan nyengker setra. Pada Sabtu Kliwon Krulut atau 23 Juli 2022 lanjut ke prosesi ngingsah. Kemudian pada Senin Paing Merakih 25 Juli 2022 dilaksanakan ngias Ida Batara. 

Baca Juga:   Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Pemkab Badung Gelar Bhakti Penganyaran 

Pada Selasa Pon Merakih atau 26 Juli 2022 dilakukan melasti lan mapakelem. Kemudian, Buda Wage Merakih atau 27 Juli 2022 merupakan Pujawali Pengratep Karya. Pada Kamis Kliwon Merakih atau 28 Juli sampai dengan Anggara Kliwon Tambir atau 2 Agustus 2022 dilaksanakan penganyaran. Rabu Umanis Tambir 3 Agustus 2022 dilaksanakan penyineb. Terakhir, Jumat Wage Tambir atau 5 Agustus 2022 dilaksanakan prosesi nyegara gunung. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini