Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Pemkab Badung Gelar Bhakti Penganyaran 

Pura Mandara Giri Semeru Agung
Pemkab Badung melaksanakan bhakti penganyaran serangkaian Karya Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Pemkab Badung bersama Tim penggerak (TP) PKK dan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Badung yang dipimpin Nyonya Seniasih Giri Prasta melaksanakan bhakti penganyaran serangkaian Karya Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (18/7). Upacara yang dipuput Ida Pedanda Gede Rai Kemenuh Griya Tegeh Angantaka, Abiansemal, Badung, tersebut memakai sarana bakti berupa bebangkit. 

Bhakti penganyaran dilengkapi dengan tari Rejang Giri Putri yang dibawakan oleh TP PKK Badung dan WHDI Kabupaten Badung dan tari Topeng Sidakarya. Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Nyonya Seniasih Giri Prasta mewakili Pemkab Badung menghaturkan punia sebesar Rp100 juta yang diterima langsung oleh Romo Pandita Mangku Pura Mandara Giri Semeru Agung. 

Baca Juga:   Pura Goa Giri Putri, Gua Eksotis dan Sakral di Nusa Penida 

Turut hadir, istri Wakil Gubernur Bali Nyonya Tjok Putri Haryani Ardana Sukawati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Badung I.B. Gede Arjana, Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan, Kadis Kebudayaan Badung Gde Eka Sudarwitha, Ketua PHDI Badung, Ketua MDA Badung, Ketua WHDI Badung, kepala OPD di Lingkup Pemkab Badung serta para pamedek.

Di sela-sela mengikuti prosesi penganyaran, Nyonya Seniasih Giri Prasta menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban atau swadharma bagi Pemkab Badung beserta 8 kabupaten/kota yang ada di Bali untuk menghaturkan bakti penganyar di pura terbesar yang ada di Jawa Timur tersebut. 

Baca Juga:   Pujawali di Pura Petitenget Digelar Hanya Sehari

“Kami Pemkab Badung bersama TP PKK Badung dan WHDI Kabupaten Badung serta OPD lainnya melaksanakan bhakti penganyaran dan sekaligus berkesempatan ngaturang ngayah tari Rejang Giri Putri di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang. Semoga Ida Sang Hyang Widhi dan Ida Batara-Batari yang berstana di pura ini senantiasa melimpahkan kesejahteraan dan kerahayuan buat kita semua serta pelaksanaan pujawali berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Baca Juga:   Diksa Pariksa di Griya Dalem Sibanggede

Sementara itu, Ketua PHDI Kabupaten Lumajang Edi Sumianto mengatakan, sesuai dengan hasil rapat dengan panitia yang ada di Bali memutuskan bahwa piodalan dijalankan seperti biasa dimulai dari 12 Juli dengan mapepada wewalungan dan memben, puncak karya pada Rabu, Purnama Kasa Buda Kliwon Pahang, tanggal 13 Juli dan berakhir tanggal 24 Juli 2022 mendatang. 

“Terima kasih kami haturkan kepada Pemkab Badung beserta jajaran yang sudah melaksanakan bhakti penganyaran dan sekaligus menghaturkan punia ke hadapan Ida Batara-Batari yang berstana di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Senduro, Lumajang,” jelas Edi Sumianto. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini