Persiapkan SDM ASN, Pemkot Denpasar Kirim Pegawai Magang ke Jawa Barat

ASN
Pemkot Denpasar mengirim pegawai untuk magang di Jawa Barat. (ist)

Denpasar, balibercerita.com –

Dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) agar mampu memberikan pelayanan prima pada masyarakat, maupun pada pegawai di lingkungan kerjanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mengirim beberapa pegawainya untuk mengikuti magang di Jawa Barat. Magang tersebut terkait pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 6 Tahun 2022. 

Permenpan RB itu terkait pengelolaan kinerja pegawai ASN di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan Pemkot Denpasar Putu Agus Mahendra Udayana, saat ditemui di Denpasar, Senin (28/11).

Baca Juga:   Pemkot Denpasar akan Mulai Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Udayana menyampaikan, dipilihnya Jawa Barat sebagai tempat magang karena sudah memperoleh hasil penilaian sistem merit tahun 2020 terbaik dengan nilai 375,5. “Untuk meningkatkan pemahaman penyelenggaran Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022, kami mengirim beberapa pegawai. Pegawai yang dikirim meliputi Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Analis Kinerja, Analis Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Analis Pelanggaran Disiplin serta Analis Perencanaan pada BKPSDM kota Denpasar,” terang Udayana. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, magang tersebut merupakan salah satu metode peningkatan kompetensi non klasikal. Peserta magang ini diterima Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Prinsip umum yang diharapkan dari lermenpan ini adalah pimpinan dan pegawai harus memiliki kesamaan persepsi. Sehingga dalam memandang pengelolaan kinerja pegawai sebagai alat yang bermanfaat untuk memberikan informasi kepada pimpinan dan pegawai.

Baca Juga:   Kesan Mewah Dengan Fitur Canggih Dalam The New Mazda CX 5 

Dengan begitu, dapat mengetahui seberapa baik kinerja harus dihasilkan dalam mencapai tujuan organisasi dan ruang apa saja yang membutuhkan perbaikan perilaku pegawai. Diharapkan pencapaian hasil kerja sesuai dengan nilai dasar aparatur sipil negara BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Pentingnya manajemen kinerja ASN baik dalam pengembangan karier PNS, manajemen talenta sampai dengan sanksi. “Kinerja pegawai ini digunakan untuk melihat pengembangan, manajemen talenta, penghargaan serta sanksi yang nantinya tunjangan kinerja dibayarkan berdasarkan pencapaian kinerja,” ujarnya.

Baca Juga:   RUU Penilai Diharapkan Masuk Prolegnas Prioritas 2023

Ditambahkannya, pelaksanaan magang berlangsung dari 7 hingga 11 November 2022 lalu. Hal-hal yang diperoleh peserta magang akan diadopsi untuk direalisasikan penggunaannya pada aplikasi Pengelolaan kinerja, yaitu RANTAI Kinerja yang saat ini masih dalam proses pengembangan. Nantinya akan dipergunakan oleh ASN pada lingkungan Pemerintah Kota Denpasar. Magang ini juga dapat meningkatkan indeks profesionalisme para peserta magang. (BC17)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini