Ngangget Don Bingin di Pura Dalem Tambang Badung

Ngangget Don bingin
Ritual ngangget don bingin di Pura Dalem Tambang Badung. (BC9)

Denpasar, balibercerita.com – 

Serangkaian upacara Karya Atma Wedana Ngastiti Puja Mamukur Baligya Punggel di Puri Agung Pemecutan, pada Sabtu (23/7), dilaksanakan acara Ngangget Don Bingin. Ritual ini dimulai dari pukul 09.00 Wita dengan prosesi Ngingsah dan Ngelingihin Manik Galih di Puri Agung Pemecutan. 

Baca Juga:   Pura Dalem Cedok Waru, Jejak Pertapaan Gajah Mada di Pulau Dewata

Seusai Ngingsah dilanjutkan dengan Ngangget Don Bingin di areal jaba Pura Dalem Tambang Badung dan mapeed melalui Jalan Gunung Merapi, Jalan Wahidin, lanjut ke Jalan Thamrin dan berakhir di Puri Agung Pemecutan.

Upacara Karya Atma Wedana Ngastiti Puja Mamukur Baligya Punggel di Puri Agung Pemecutan sudah dimulai dengan Marisuda Bumi tanggal 6 Juni, Netgteg Beras 15 Juni, Melaspas Peyadnyan 18 Juni, Nunas Tirta Pengingsahan 22 Juli, Ngingsah, Ngangget Daun Beringin 23 Juli, Mapepada dan Mendak Tirta Pekuluh 24 Juli dan Ngajum 26 Juli. 

Baca Juga:   Mohon Kerahayuan Jagat, BPBD Badung Gelar Persembahyangan ke Sejumlah Pura

Dilanjutkan kemudian dengan prosesi Nuwur Batara Lingga 27 Juli dan puncak karya Melaspas Puspa, Mapurwa Daksina tanggal 28 Juli 2022 yang dilanjutkan dengan Maprelina dan Nganyut ke Pantai Kuta. Karya Atma Wedana ini diikuti 600 peserta atau puspa. (BC9)

Baca Juga:   Wabup Cok Ace Berharap Pelestarian Aksara Bali Dapat Perhatian Peradah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini