Bupati Badung Hadiri Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti

Melaspas
Bupati Giri Prasta saat menghadiri acara melaspas dan mendem pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta bersama Nyonya Seniasih Giri Prasta, menghadiri acara melaspas dan mendem pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti, Banjar Sekarmukti, Desa Belok/Sidan, Kecamatan Petang, Jumat (6/1).

Karya melaspas yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dangin Manuaba dari Griya Gede Manuaba Carangsari ini turut dihadiri Camat Petang A.A.N. Raka Sukaeling beserta unsur Tripika Kecamatan Petang, perwakilan Perbekel Desa Belok/Sidan, Bendesa Adat Sekarmukti, I Ketut Jadi, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Giri Prasta memberikan bantuan dana dari Pemkab Badung sebesar Rp3 miliar dan secara pribadi membantu Rp15 juta. Dalam sambutannya, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta  mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara melaspas di Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti ini.

Baca Juga:   Magisnya Tari Sang Hyang Jaran di Desa Adat Kutuh 

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan, dalam pelaksanaan pujawali ini dapat dikatakan puja itu dilaksanakan oleh Sulinggih bersama pemangku dan kebayan, sedangkan walinya dilaksanakan oleh welaka, ada sekaa gong, pesantian dan topeng Sidakarya. 

Baca Juga:   Desa Adat Kedonganan Akan Gelar Ngusaba Desa

“Di manapun ada upacara piodalan di pura, diharapkan memakai pakaian putih kuning untuk masyarakat. Kepada masyarakat untuk bersatu untuk membuatkan jembatan emas kepada generasi ke depan, apalagi masyarakat Sekarmuti ini lahir dan hidup di sini. Maka dari itu, agar bersatu apalagi dalam pelaksanaan upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong, dan bersama-sama dengan rasa tulus ikhlas, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu, manggala karya, I Wayan Jantara, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung bersama undangan lainnya yang telah hadir di upacara melaspas Pura Desa, Desa Adat Sekarmuti. Upacara ini terlaksana pada karena bangunan keseluruhan yang ada di wewidangan Pura Desa sudah rampung dan selesai diperbaiki. Perbaikan bangunan yang ada di Pura Desa ini atas bantuan dari Bupati Badung. 

Baca Juga:   Kisah Mantan Pengguna Narkoba Jadi Penekun Spiritual

“Kami mewakili masyarakat Desa Adat Sekarmukti mengucapkan banyak-banyak terimabkasih atas bantuan yang bapak berikan untuk masyarakat kami yang ada di Sekarmukti,” ucapnya. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini