Upacara Melaspas dan Pasupati Tapakan di Pura Desa Darmasaba

0
28
Melaspas
Suasana persembahyangan bersama saat upacara Melaspas dan Pasupati Tapakan di Pura Desa Darmasaba, Jumat (29/3). (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Upacara Ngeratep, Melaspas dan Pasupati Ida Batara Petapakan Barong Landung Ratu Ngurah Agung Sakti di Pura Desa, Desa Adat Darmasaba digelar, Jumat (29/3). Ritual ini dihadiri Sekda Badung Wayan Adi Arnawa. 

Adi Arnawa yang mewakili Bupati Badung menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat Desa Adat Darmasaba yang telah menjaga dan melestarikan seni, adat, dan budaya dengan dilaksanakannya ritual tersebut. “Pelaksanaan karya yang besar ini tentu diharapkan akan berdampak baik kepada krama Desa Adat Darmasaba, berjalan dengan baik lancar, sida sidaning don,” ucapnya.

Baca Juga:   Giri Prasta Siap Bantu Penataan Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes

Upacara Ngeratep, Melaspas dan Pasupati Ida Betara Petapakan Barong Landung yang telah berusia 100 tahun tersebut dibantu dana BKK induk 2023 sebesar Rp450 juta untuk nangiang Tapakan Barong Landung dan pembelian seperangkat gamelan bebatelan. Bantuan dana aci Rp50 juta juga diberikan, serta dana punia pribadi Sekda Adi Arnawa sebesar Rp5 juta.

Baca Juga:   Bupati Giri Prasta Wacanakan Gaji Pegawai TPST 3R Berstandar UMK 

Sekda Adi Arnawa berpesan kepada Bendesa Adat Darmasaba terkait kebutuhan pembangunan yang direncanakan, agar dibuatkan proposal dan diusulkan supaya segera bisa diproses pada pembahasan usulan anggaran APBD Perubahan 2024.

Sementara, Bendesa Adat Darmasaba menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang diwakili Sekda Adi Arnawa. “Suksma Bapak Sekda sudah dapat hadir di tengah-tengah krama dan juga segala support dan bantuan yang sudah diberikan dan perhatikan pemerintah saat ini,” ujarnya. (BC13)

Baca Juga:   Indahnya Toleransi, Palebon Cokorda Pemecutan XI Akan Libatkan Warga Islam Kepaon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini