Piodalan di Pura Penataran Pucak Tedung, Bupati Giri Prasta Sembahyang Bersama

Pucak Tedung
Bupati Giri Prasta sembahyang bersama saat puncak Piodalan Nyatur, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Melaspas lan Rsi Gana di Pura Penataran Pucak Tedung. (ist)

Mangupura, balibercerita com – 

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri puncak Piodalan Nyatur, Ngenteg Linggih, Padudusan Alit, Melaspas lan Rsi Gana, Medasar Caru Wraspati Kalpa, Sabtu (18/6), di Pura Penataran Pucak Tedung, Desa Adat Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, Badung. Turut hadir mendampingi bupati, anggota DPRD Badung, I Gusti Lanang Umbara, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Kadisbud Badung, I Gde Eka Sudarwitha, Plt. Camat Petang, I Gusti Bagus Adi Parwata, Perbekel Desa Petang, I Dewa Gede Usadi dan Ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Kabupaten Badung Bima Nata. 

Baca Juga:   Penuh Cobaan, Perjuangan Umat Hindu Banyuwangi Dirikan Pura Agung Blambangan

Pada kesempatan tersebut, Bupati Badung menyerahkan bantuan dari dana Pemkab Badung sebesar Rp225 juta dan secara pribadi membantu Rp15 juta. Sementara, Ketua Forgimala Badung Bima Nata membantu khusus pecalang Rp10 juta untuk pembelian HT.

Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Batara-Batari yang berstana di Pura Penataran Pucak Tedung karena sudah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara Piodalan Nyatur, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar. 

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Badung mendukung upacara ini, disamping sebagai wujud peduli kita terhadap estetika adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Saya hadir di sini mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Adat Kerta duduk bersama untuk melaksanakan program-program yang ada di Desa Adat Kerta yang akan saya fasilitasi. Untuk pelaksanaan upacara ini saya harapkan masyarakat selalu bersatu, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan, dan ini juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Batara leluhur,” ujarnya.

Baca Juga:   Puncak Karya Atma Wedana di Puri Agung Pemecutan

Sementara itu, Bendesa Adat Kerta, I Wayan Gede Suwetra menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung beserta undangan lainnya yang telah berkenan hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Adat Kerta yang melaksanakan upacara piodalan di Pura Penataran Pucak Tedung. “Upacara ini terlaksana berkat dukungan dari masyarakat melalui kesepakatan dalam forum desa adat dan juga berkat bantuan dari Bapak Bupati Badung melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung yang membantu dana sebesar Rp225 juta dan juga bantuan dari Perbekel Desa Petang,” jelasnya. (BC13)

Baca Juga:   Ketua PHDI Bersyukur Prambanan Difungsikan Sebagai Tempat Ibadah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini