Ini Syarat Agar Mantra Gayatri Ampuh

Ida Rsi Bhagawan Smerthi Kusuma Wijaya Sebali. (BC13)
Ida Rsi Bhagawan Smerthi Kusuma Wijaya Sebali. (BC13)

Denpasar, balibercerita.com –
Mantra Gayatri adalah Mahamantra atau ibu dari segala mantra. Ia adalah ibu dari segala permohonan yang dipercaya tidak saja oleh orang Hindu, melainkan juga non-Hindu.

Ida Rsi Bhagawan Smerthi Kusuma Wijaya Sebali menyampaikan, Gayatri Mantram merupakan suatu spirit tertinggi dalam memuja Tuhan. Mantra yang menjadi bait pertama Puja Tri Sandya itu digunakan pada berbagai ritual, bahkan yang paling esensial dalam konteks ritual Hindu di Bali. Wajar saja, hal ini mengingat Mantra Gayatri menyentuh alam bhur, bwah dan swah.

Baca Juga:   Candi Agung Gumuk Kancil, Jejak Pasraman Maharesi Markandeya 

Gayatri Mantram juga tidak melulu terikat ritual. Maka dari itu, ia menjadi mantra yang paling cocok untuk dijapakan, sebagai sarana memusatkan pikiran. Japa akan menyentuh alam bawah sadar sehingga mampu mengarahkan pikiran ke hal positif. Tapi bila pikiran kita goyah, justru nafsu yang akan menguasai sehingga hidup jadi tidak menentu.

Baca Juga:   Misteri Batu Tri Linggam di Pura Payogan Kailash

Namun perlu diingat, sinkronisasi antara pikiran, perkataan dan perbuatan adalah hal utama. Inilah poin mendasar ajaran Hindu di Bali yang lebih banyak pada praktik, bukan hal lain seperti menghapal mantra atau doa. Yang terpenting justru upaya mengaplikasikan ajaran agama melalui pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik.

Baca Juga:   Pura Taman Pecampuhan Sala, Perpaduan Eksotisme Alam dan Daya Magis yang Sempurna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini