Lomba Bapang Barong dan Kendang Tunggal di Werdi Bhuwana

Barong
Salah satu pementasan barong dalam lomba bapang barong dan kendang tunggal serangkaian WBBF yang digelar Komunitas Seni Werdi Budaya Desa Werdi Bhuwana. (ist)

Mangupura, balibercerita.com – 

Lomba bapang barong dan kendang tunggal dalam rangka Werdi Bhuwana Barong Festival (WBBF) Komunitas Seni Werdhi Budaya, Desa Werdi Bhuwana, digelar di wantilan Pura Puseh Desa Adat Banjar Sayan, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu (19/11). Acara ini dibuka Sekda Badung Wayan Adi Arnawa. 

Ketua panitia lomba, Kadek Wahyu Dwipayana menyampaikan, Komunitas Seni Werdhi Budaya Desa Werdi Bhuwana ini terlaksana atas dukungan Pemerintah Desa Werdi Bhuwana serta tokoh Desa Adat Banjar Sayan. 

“Pelaksanaan kegiatan seni untuk menarik gairah para anak-anak muda yang ada di Badung dan Bali pada umumnya untuk ikut beramai-ramai dalam kegiatan lomba ini. Acara ini kami laksanakan selama 2 hari dari tanggal 19-20 dengan jumlah 36 peserta yang dibagi untuk 2 hari pelaksanaan dimana hari pertama sebanyak 18 peserta dan hari kedua 18 peserta. Dalam pementasan masing-masing peserta mendapat waktu 13 menit dan untuk pengumuman juara akan diumumkan setelah selesai acara lomba yang kami laksanakan ini,” jelasnya.

Baca Juga:   SEGAR X Colabro, Ruang Berkarya untuk Seniman dan Musisi

Sementara itu, Pemkab Badung dalam kesempatan ini membantu dana Rp30 juta yang diserahkan oleh Sekda Adi Arnawa kepada Ketua Panitia Lomba Kadek Wahyu Dwipayana. Adi Arnawa mengatakan, Pemkab Badung memberikan apresiasi kepada Komunitas Seni Werdi Budaya yang sudah bisa melaksanakan acara lomba ini. Pemerintah juga siap mendukung serta membantu kegiatan yang bersifat positif untuk masyarakat umum. 

Baca Juga:   Begini, Potret Kerukunan Umat Hindu dan Islam di Desa Tembok 

“Desa Werdi Bhuwana sudah bisa melaksanakan acara seperti ini berarti kegiatan yang ada di sini sudah semakin bertambah di bidang seni dan budaya. Berarti seni dan budaya yang ada di Badung dan Bali pada umumnya tidak akan hilang. Saya berharap tetap jaga solidaritas serta komit dengan guru wisesa. Pemerintah Kabupaten Badung siap selalu mendukung dan membantu untuk kegiatan yang bersifat positif untuk masyarakat umum seperti sekarang ini dalam kegiatan seni lomba bapang barong dan kendang tunggal,” ucapnya.

Baca Juga:   Perayaan Imlek di Vihara Dharmayana Kuta, Sarana Persembahyangan Juga Gunakan Canang

 Ia berharap kegiatan ini tetap berlanjut diselenggarakan agar kegiatan seni yang ada di Desa Werdi Bhuwana semakin meningkat. Selain itu juga ada kegiatan hiburan masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan seni bapang barong serta kendang tunggal yang dibawakan oleh para generasi penerus bangsa dalam mengembangkan adat seni dan budaya. (BC13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini