Diidentikkan Mahal, Kursus Tari Balet Justru Banyak Diminati

Balet
Penari balet cilik dari Bali Ballet Royal Bali usai menerima piala dan sertifikat kenaikan kelas. (ist)

Denpasar, balibercerita.com – 

Walaupun sering diidentikkan mahal, minat masyarakat Bali akan tari balet ternyata terus meningkat. Seperti halnya, Minggu (21/11) malam, ratusan balerina cilik tampil di acara Bali Konser Graduation and Performance 2022 yang dilaksanakan sekolah Ballet Royal Bali di hotel Harris Sunset Road. Acara itu dilakukan setiap tahun sebagai acara kenaikan kelas para siswa.

Pendiri Ballet Royal Bali, Jewell Arcia Ruslim menerangkan, animo masyarakat Bali dengan tari balet cukup tinggi. Sejak Ballet Royal Bali berdiri di tahun 2014, perkembangan peserta didik cukup pesat. Pada awalnya jumlah siswa yang ia terima hanya sekitar 10 orang, namun kini jumlahnya sudah mencapai ratusan. “Awalnya mungkin masih banyak yang awam, dan kondisi sekolah juga masih terbatas. Jadi belum familiar seperti sekarang,” ujarnya.

Baca Juga:   Binda Bali Gelar Vaksinasi Anak di SD Negeri 2 Ubung

Pada dasarnya siswa di Bali cepat menyerap pelajaran dan sangat berpotensi. Hal itu mungkin dipengaruhi budaya seni di Bali, sehingga basic ini mendukung mereka untuk cepat menangkap apa yang diajarkan. Kesulitannya hanya pada proses kenaikan kelas dari umur basic sampai menjelang umur 6 tahun. Sedangkan anak dengan umur 6-7 tahun hampir tidak ada kendala maupun tantangan yang berarti.

Dari tahun ke tahun, animo itu membuat pihaknya terus untuk menambah cabang. Hingga saat ini, sudah ada 11 sekolah balet yang ia buka di Bali. Semuanya tersebar di wilayah Badung dan Denpasar, yang mana pada awal tahun 2023 pihaknya akan kembali membuka cabang di Ubud. Grand konser pernah dilaksanakan di tahun 2019 untuk semua cabang sekolah Ballet Royal Bali. Hal itu akan dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Baca Juga:   Penataan Pantai Kuta Masuk Bali Beach Conservation Project Phase II

Sementara, Kepala Sekolah Ballet Royal Bali, Riri Tambunan menambahkan, tahun ini ada 109 anak yang melaksanakan Konser Graduation and Performance. Umur dari peserta didik mulai dari 2,5 tahun sampai 7 tahun, sesuai kelasnya. Setiap kenaikan kelas, pihaknya selalu mendatangkan penguji dari Royal Academy of Dancing London. Sebab sertifikat yang dikeluarkan pihaknya berstatus internasional langsung dari asal tren tari balet. “Tahun ini ada scholarship untuk yang best score kita kirim ke Malaysia. Itu ditanggung full oleh Ballet Royal Bali,” katanya.

Baca Juga:   Dua WNA Ukraina-Rusia Gaungkan Pesan Perdamaian dari Bali Melalui Seni Kaligrafi 

Diakuinya, pihaknya terus mengirim para siswa dengan nilai terbaik untuk beasiswa ke berbagai negara. Hal itu untuk menambah wawasan mereka sekaligus perform di sana. Ia berharap ke depannya pengiriman dapat langsung dilakukan ke pusatnya di London, sehingga menjadi hal yang prestisius. “Semoga di tahun 2023 kita bisa mengirim ke London. Kalau tidak murid, saya harap gurunya bisa,” ujarnya. (BC5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini